Endrizal : Sumbar Creatifest 2023 diharap Mampu Melahirkan UMKM Berdaya Saing Tinggi

Endrizal : Sumbar Creatifest 2023 diharap Mampu Melahirkan UMKM Berdaya Saing Tinggi

Padang, dppperskpktipikor.com- Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar, Endrizal mengatakan ajang Sumbar CreatiFest 2023 diharapkan mampu melahirkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berdaya saing tinggi di level nasional dan global.

“Kegiatan ini adalah wadah dan kesempatan yang baik untuk berkolaborasi dengan tokoh-tokoh kreatif lokal yang diharapkan berdampak positif tumbuhnya UMKM asal Sumbar yang unggul dan berdaya saing global,” kata Endrizal pada hari kedua Sumbar CreatiFest 2023 di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (1/12/2023)

Endrizal mengatakan saat ini pemerintah Sumatera Barat sedang mendorong pengembangan UMKM berbasis keunggulan potensi domestik. Khusus di Ranah Minang, sektor kuliner dan fesyen merupakan bidang yang paling potensial untuk dikembangkan.

Melihat dua potensi besar di sektor itu, Endrizal mendorong pelaku UMKM untuk menciptakan nilai-nilai baru serta narasi yang kuat, kemasan yang aman dan nyaman serta diversifikasi produk.

Apalagi, Provinsi Sumbar telah berhasil mengekspor bumbu rendang ke Arab Saudi. Hal ini merupakan bukti dan contoh baik yang perlu direplikasi bagi komoditas lainnya.

Kemudian, di sektor fesyen, Kadis Koperasi dan UKM juga mendorong pelaku usaha meningkatkan unsur tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu, dinas yang dipimpin Endrizal itu, juga mendorong pelaku UMKM meningkatkan ekosistem agregator. Melalui model bisnis agregasi diharapkan UMKM di sektor kreatif dapat berkonsolidasi guna meningkatkan kualitas produksi dan sebagainya.

(Tb Mhd Arief Hendrawan)