FENOMENA LANGKA CALEG PROV. SUMBAR

FENOMENA LANGKA CALEG PROV. SUMBAR

Kamis, 30/11/2023

Di kecamatan Sungai Garingging Kabupaten Padang Pariaman, tepat nya di Nagari sungai Sirah Kuranji Hulu, terdapat sebuah Surau yang terletak di puncak bukit dengan jalan yang berliku serta berlubang sehingga beresiko tinggi jika di lalui kendaraan roda empat.
Pada saat itu Surau yang dinamakan warga dengan nama “Surau Cangkeh” itu sedang melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Terlihat antusias jamaah warga setempat sangat padat menghadiri acara Maulid tersebut.


ditengah-tengah acara berlangsung tiba-tiba dari jauh tampak datang sebuah mobil bak terbuka warna hitam tanpa muatan berjalan terseok-seok melalui medan yang cukup berat mendekati Surau Cangkeh. Tak lama kemudian mobil bak terbuka warna hitam tersebut parkir di dekat area Surau. Ketika pengendara turun warga nampak sedikit heran dan seolah tak percaya melihat pengendara ini, ternyata pengendara itu adalah seorang Calon Legislatif DPRD Provinsi Sumbar di Dapil 2 dari partai PAN. Tidak larut dalam keheranan seorang tokoh masyarakat yang mereka sebut “Tuangku” (Tokoh Agama) mendekati Caleg tersebut.
Dengan sambutan hangat, Tuangku menyambut kedatangan Sang Caleg , Sang Caleg pun menyalami Tuangku serta masyarakat yang menyambut saat itu, Tuangku mengucapkan terima kasih kepada Caleg tersebut karena telah mau hadir di acara Maulid Nabi yang beliau selenggarakan, sementara Caleg yang lain yang beliau undang sepertinya tidak Ada yang hadir, diperkirakan karena akses jalan ke lokasi tersebut sangat curam dan sulit di lalui oleh roda empat.
Usut punya usut Caleg Dari PAN tersebut bernama H.Dedy Edwar, SE.MM, beliau Caleg dari partai PAN dengan no urut 7.
Dalam Berbagai nya, H.Dedy Edwar, SE.MM ini menyampaikan beberapa hal tentang alasan mengapa beliau mau hadir di Acara Maulid tersebut dan juga menyampaikan alasan mengapa Beliau mau maju untuk mencalonkan menjadi anggota Legislatif.
” Saya datang ke Surau ini atas undangan dari Tuangku. Saya tidak akan mundur seberat apapun medan yang di lalui untuk kepentingan ummat dan agama” ungkap Dedy ”
Maulid Nabi Muhammad SAW adalah acara sakral yang tidak boleh di indahkan, karena dimanapun peringatan Maulid diadakan kita harus menghadirinya, sy yakin Baginda Rosulullah akan tiba juga bersama kita semua” tambah Dedy.

lalu H.Dedy Edwar,SE.MM menjelaskan mengapa dia maju di Pemilu Legislatif tahun ini,
“Saya maju di tahun ini bukan semata-mata keinginan sy sendiri, melainkan amanah dari para guru,alim ulama dan organisasi yang saya pimpin sebelum mencalon” kata itu

Jabatan Sebelum mencalon H.Dedy Edwar, SE.MM adalah seorang Pimpinan Baznas Kota Pariaman dan Ketua Bamus Kabupaten Padang Pariaman.
Dua jabatan penting yang beliau tinggalkan demi maju di Pemilu Legislatif tahun ini tentu menjadi pertanyaan tim Media saat itu, mengapa Pak Dedy mau menduduki jabatan penting nya?
Beliau menjawab, “yang paling penting bukan jabatan penting, tapi yang paling penting adalah bagaimana cara memperjuangkan hak-hak rakyat, memikirkan nasib umat yang sampai saat ini masih dalam keadaan ekonomi sulit, memikirkan bagaimana Dakwah Islamiyah khususnya di Sumatera Barat bisa berkembang pesat. untuk mencapai itu tentu saya harus duduk di kursi yang lebih besar lagi jangkauannya” Jawab Dedy Edwar dengan tegas.

Setelah ditelusuri lebih lanjut oleh tim media.
Ternyata H.Dedy Edwar,SE.MM ini adalah cucu kandung dari ulama besar di Sumbar yaitu Cucu dari Syekh Mato Aie. Syekh Mato Aie adalah seorang Waliyullah penyebar Agama Islam di Sumatera Barat yang menjadi guru besar santri-santri yang kini menjadi tokoh-tokoh ulama besar di Sumbar. Para tokoh Ulama yang dulu nya menjadi Santri Syekh Mato Aie ini lah yang mengamanah kan kepada H.Dedy Edwar, SE.MM untuk maju di Pemilu Legislatif 2024.
Sosok H.Dedy Edwar, SE.MM ini sendiri berdasarkan pengalaman dan keilmuan nya sangat layak mendapatkan amanah tersebut.agar tercapainya masyarakat yang adil dan sejahtera, khususnya di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

M. Ramadhan (redaksi.)