Program IP 200 Di Desa Jalur Mulya Tahun 2024

Dppkpktipikor.com
Maret 2024

Banyuasin-Demi mempercepat pertumbuhan serta perkembangan ekonomi masyarakat Desa melalui sektor pertanian,yang sekaligus demi meningkatkan kwalitas Sumber Daya Manuasia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA).Maka Di Desa Jalur Mulya Kecamatan Muara Sugihan menggalakan program IP 200 (Gadu).

Program IP 200 di Desa Jalur Mulya sudah berjalan 4 musim masa tanam,dengan cara dan sistem berkala.Tahun demi tahun makin berkembang dan bertambah volume luas lahan IP 200.Dan bahkan di 4 tahun terakhir 2024 masa tanam sudah mencapai +- 450 Hektare dari jumlah lahan pertanian Desa Jalur Mulya seluas +- 1.100 Hektare.

Itu semua berkat kerjasama yang baik dari semua unsur,baik dari kelompok tani maupun pihak Pemerintah desa yang senantiasa memotivasi,men shufort disetiap kegiatan program IP 200 ( gadu)

Terlebih lagi sangat patut di apresiasi untuk Ketua Gapoktan Jalur Makmur Desa Jalur Mulya saudara Wahyudi yang acap dan akrap dipanggil Yudi.Yang senantiasa menjadi garda terdepan di pelaksanaan program IP 200 atau gadu.

Yang bersangkuatan senantiasa menunjukan ide atau gagasan cemerlang,demi suksesnya program IP 200 atau gadu di desa Jalur Mulya.Sebab dengan adanya program gadu atau IP 200 jelas-jelas sangat menunjang dan membantu bagi perkembangan ekonomi warga pertanian.

Ketua Gapoktan Jalur Makmur Desa Jalur Mulya sebagai motor dan Inovator penggerak kegiatan program IP 200 di desa Jalur Mulya.Walau penuh tantangan dan kegagalan namun tetap semangat memberikan arahan,bimbingan dan binaan kepada seluruh anggota poktanya.

Desa Jalur Mulya memiliki 16 Poktan (Kelompok Tani) yang terbagi dan tersebar di 4 Padukuhan (Dusun).Senergitas antara Poktan (Kelompok Tani),Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani),dan Pemerintah Desa dalam mengupayakan program IP 200 atau gadu.

Dari tahab pengolahan lahan,pengadaan bibit padi,pengadaan pupuk,sampai hingga pembersihan saran penunjang seperti halnya pembersihan saluran tersier dan lain-lain.Harapan besar seluruh warga petani Desa Jalur Mulya,agar kedepan program IP 200 atau dengan sebutan lain tanam gadu bisa lebih maju,lebih berkembang sehingga bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Karena dengan adanya sistem tanam dan panen dua kali sangat bisa menunjang kebutuhan bagi masyarakat petani,yang sekaligus meningkatkan kwalitas lahan pertanian dan serta warga petaninya.

Dan tak lupa harapan yang sangat terbesar keperdulian dari pihak Pemerintah,baik pusat maupun daerah.Dinas Pertanian terkait,para Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) agar ikut serta dalam pendampingan,pembinaan,pengarahan agar program pertanian baik yang IP 100 maupun IP 200 bisa mencapai target serta hasil yang maksimal.

Hariyanto/team mengabarkan