Membangun Budaya Gotong Royong, Babinsa dan Warga Gotong Royong Bersihkan Sampah di Saluran Air

Barabai-Babinsa Koramil 1002-02/Batang Alai Utara Sertu Wardoyo bersama sanggota koramil melakukan karya bakti dengan bergotong royong membersihkan aliran sungai untuk pertanian di Desa Maringgit Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jum’at (13/09/2024).

Kegiatan pembersihan aliran sungai ini melibatkan Babinsa Koramil 1002-02/Batanag Alai Utara, Gapoktan Mekar Membangun, Perangkat Desa Maringgit warga masyarakat desa Desa Maringgit.

Sertu Wardoyo Babinsa Maringgit mengatakan bahwa kegiatan gotong royong tersebut dilaksanakan guna membersihkan sampah yang ada di sepanjang bantaran sungai agar aliran air lebih lancar mengalir ke pertanian warga.

“Kegiatan bersih-bersih aliran sungai tersebut untuk mengantisipasi terjadi banjir pada musim penghujan,” ucap Sertu Wardoyo.

Babinsa menambahkan bahwa dengan adanya gotong-royong bersama ini untuk memotivasi masyarakat bekerja sama, mengingat gotong-royong adalah nilai dari kebudayaan dan ciri khas bangsa Indonesia. Dengan semangat gotong-royong menimbulkan kebersamaan, keakraban, rasa persaudaraan serta meningkatkan rasa aman, tentram di lingkungan masyarakat.

Disamping itu, Babinsa juga menghimbau dan mengharapkan dengan gotong royong ini, desa yang berada di sekitar sungai bila hujan deras tidak akan kebanjiran.

“Kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di sungai,”ujarnya

Sementara itu Danramil 1002-02/Batang Alai Utara Kapten Czi Obet Subagio mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita membudayakan gotong royong dilingkungan Masyarakat dalam setiap kegiatan apapun termasuk pembersihan aliran Sungai yang kita laksanakan hari ini.”pungkasnya.

(pen1002hst).